POLUSI UDARA

PENGARUH POLUSI UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN

hujan-asam1

Pengaruh Tidak Langsung

a. Polusi udara akan menyebabkan terjadinya hujan asam, hujan asam ini tentunya akan mempengaruhi aktivitas mikroorganisme tanah, terjadinya leaching pada unsur hara di dalam tanah, pH tanah menurun akibat penambahan ion H+ kedalam tanah. Jika tanah memiliki pH yang rendah tentunya akan terjadi pencucian basa-basa yang disebabkan oleh komplek koloid akan dipenuhi oleh ion H+ sehingga kation basa akan berada dalam larutan tanah. Selain tersedia bagi tanaman kation yang berada dalam larutan tanah akan mudah tercuci. Dengan tercucinya kation basa maka ion yang tersisa hanya ion logam (Al, Fe, Mn, dll) ditambah dengan senyawa Nitrogen (N) yang berasal dari air hujan. Dengan meningkatnya kandungan N di dalam tanah akan menyebabkan terganggunya proses metabolisme tanaman, ditambah dengan rusaknya perakaran tanaman yang disebabkan kelarutan ion logam yang cukup tinggi. Jika perakaran tanaman telah rusak maka kemampuan tanaman untuk menjerap unsur hara di tanah akan berkurang, sehingga tanaman akan kekurangan unsur hara serta basa-basa yang tercuci akan memperparah kondisi penjerapan unsur hara oleh tanaman. Oleh karena hal tersebut maka pertumbuhan kuncup dan daun tanaman akan berkurang, menurunnnya asimilasi sehingga menurunkan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Hal tersebut dapat mengakibatkan aktivitas yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terganggu haisl akhirnya adalah kematian pada tanaman.

b. Perubahan pada iklim lingkungan tanaman akan menyebabkan berkurangnya curah hujan tanah akan menjadi kering sehingga kemasaman tanah akan menurun. Dengan turunnya kemasaman tanah akabn mengakibatkan perakaran menjadi rusak tentunya akan mengakibatkan kekurangan unsur hara dan ketidak seimbanagan unsur hara didalam tubuh tanaman. Jika trejadai ketidak seimbangan unsur hara didalam tanah maka tekanan air didalam tubuh tanaman juga akan meningkat sehingga pertumbuhan kuncup dan daun menjadi terganggu, proses asimilasi akan menurun dan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit akan berkurang akhirnya tanaman bisa mati.

· Pengaruh Langsung

a. Hujan asam akan langsung merusak kutikula, daun dan kuncup tanaman yang masih muda sehingga daun akan berkurang, berkurangnya asimilasi tanaman dan ketahanan terhadap penyakit menurun sehingga dapat meyebabkan kematian pada tanaman.

b. Stomata akan terbuka karena perbedaan konsentrasi air hujan akan meningkatkan transpirasi dan kebutuhan air bagi tanaman akan meningkat. Dengan meningkatnya kebutuhan air bagi tanaman maka tekanan air didalam tubuh tanaman akan meningkat sehingga pertumbuhan daun dan kuncup akan berkurang, proses asimilasi akan menurun dan ketahanan terhadap hama dan penyakit akan berkurang sehingga akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

c. Agen biotik yang terdapat di lingkungan tanaman akan mengakibatkan ketahanan tanaman terhdaap hama dan penyakit akan berkurang sehingga tanaman dapat disernag oleh hama dan penyakit dan akhirnya dapat menyebabkan kematian pada tanaman.

d. Iklim yang berubah sehingga menyebabkan peningkatan temperatur udara akan menyebabkan meningkatnya aktivitas transpirasi tanaman. Dengan meningkatnnya transpirasi tanaman maka tegangan air dalam tubuh tanaman akan meningkat, sehingga pertumbuhan kuncup dan daun tanaman akan terganggu, menurunkan proses asimilasi tanaman dan ketahanan tanaman terhadap hama dan pe-nyakit akan berkurang sehingga dapat menyebabkan kematian pada tanaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: